PENERAPAN METODE FUN LEARNING PADA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 1 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Muthia, Dewi Safitri (2021) PENERAPAN METODE FUN LEARNING PADA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 1 PANCASAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muthia Dewi Safitri_Penerapan Metode Fun Learning pada Pembelajaran Online Siswa Kelas 1 di SD Negeri 1 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode Fun Learning pada pelaksanaan pembelajaran online merupakan upaya kreatif guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan pada proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan metode Fun Learning pada pembelajaran online kelas 1 di SD Negeri 1 Pancasan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dalam menganalisis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Fun Learning pada pelaksanaan pembelajaran online kelas 1 di SD Negeri 1 Pancasan yang dilaksanakan melalui grup WhatsApp belum berjalan secara maksimal. Materi pembelajaran disajikan guru dalam bentuk video kartun anak bercerita dan bernyanyi belum dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa di dalam proses pembelajaran online, hal ini dikarenakan adanya tekanan dari orang tua siswa agar siswa mau mengikuti proses pembelajaran online dan siswa belum ikut terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran seperti saat mengerjakan tugas seringkali dilakukan oleh orang tua siswa. Kemudian, keberhasilan penerapan metode Fun Learning yang dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran dengan dibuktikan dari hasil belajar siswa belum dapat dikatakan murni hasil dari siswa, sebab pelaksanaan pembelajaran online yang dilaksanakan tanpa tatap muka antara guru dan siswa membuat guru tidak bisa mengawasi siswa secara langsung di dalam proses pembelajaran maupun saat siswa mengerjakan tugas sehingga hasil belajar masih belum dapat dikatakan murni hasil dari siswa yang mengerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Fun Learning, Pembelajaran Online
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mutia dewi
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:53
Last Modified: 27 Oct 2021 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item