PENERAPAN METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR'AN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SUBULUSSALAM PLUS DI DUSUN WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Fatimah, Nur Azizah (2021) PENERAPAN METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR'AN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) SUBULUSSALAM PLUS DI DUSUN WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fatimah Nur Azizah_PENERAPAN METODE DZIKRONI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR'AN TPA SUBULUSSALAM PLUS DI DUSUN WALIK KECAMATAN KUTASARI PURBALINGGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam memelihara Al-Qur’an dapat kita lakukan dengan cara menghafal Al-Qur’an. Dalam meghafal Al-Qur’an membutuhkan metode agar lebih mudah dalam menghafal Al-Qur’an. Penerapan metode Dzikroni merupakan salah satu metode yang solutif, seperti yang telah diterapkan di TPQ Subulussalam Plus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Dzikroni dalam Pembelajaran Tahfizul Qur’an di TPQ Subulussalam Plus. Penelitiaan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana ditunjukan untuk menyajikan data dan menganalisis data sesuai apa yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dengan langkah-langkahnya pertama reduksi data, kedua penyajian data dan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian yang dapat penulis ungkapkan bahwa proses pembelajaran Metode Dzikroni dalam Menghafal Al-Qur’an adalah menggunakan metode menghafal yang mirip dengan metode gabungan. Metode Dzikroni dalam pembelajaran Tahfizul Qur’an dilakukan pada setiap tingkat sesuai dengan target kelas masing-masing yang telah ditentukan. Proses evaluasi pembelajaran metode Dzikroni dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan menggunakan lisan, evaluasi ini dilakukan setiap hari, pekanan, setengah semester dan semesteran. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan ingatan mengingatkan kembali hafalan yang telah dihafalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Nur Azizah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:47
Last Modified: 27 Oct 2021 08:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11872

Actions (login required)

View Item View Item