IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN KEBUMEN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH

Anis, Mahaaroh (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN KEBUMEN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANIS MAHAAROH_IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 9 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN KEBUMEN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kebumen sejatinya adalah sebuah peraturan daerah yang dibuat pemerintah daerah Kabupaten Kebumen untuk menjalankan fungsi kepemerintahan dalam mensejahterakan rakyatnya, khususnya penyandang disabilitas. Negara telah memberikan tanggung jawab kepada pemerintah Kabupaten Kebumen untuk menjamin terpenuhinya hak-hak dan kesempatan penyandang disabilitas. Sehubungan dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pemerintah dalam mengimplementasikan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kebumen perspektif Maqas}id Syarī’ah agar terwujudnya kesejahteraan dan kemaslahatan kepada setiap manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dalam penelitian lapangan (Field Reserch). Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis sudut pandang Maqas}id Syarī’ah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, dan Internet searching. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Kebumen telah berjalan dengan efektif. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian bahwa komunikasi yang baik dan terbuka dengan para penyandang disabilitas dan komunitas penyandang disabilitas telah berjalan dengan efektif, aparatur/ staff selaku pelaksana kebijakan juga telah melaksanakan tanggungjawab nyata seperti sosialisasi, breakdown peraturan daerah, dan pemberian wadah serta fasilitas-fasilitas untuk penyandang disabilitas. pelaksana kebijakan juga telah bertindak sesuai dengan SOP sebagai pedoman implementator untuk melaksanakan kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen, penyandang disabilitas, Maqasid Syarī’ah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: ANIS MAHAAROH sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:31
Last Modified: 27 Oct 2021 08:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item