INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO

SARAH, NURA’AENI KHOIRIYAH (2020) INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SARAH NUR'AENI.K._INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter dalam proses pembelajaran di sekolah sampai saat ini masih menjadi problema, karena dipandang belum mampu membentuk karakter, khususnya karakter religius. Hal ini dibuktikan dengan adanya permasalahan seperti tawuran antar pelajar, tindak kriminal, pencurian, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, mengganggu teman, tidak peduli terhadap lingkungan, rendahnya sopan santun kepada guru atau orang yang lebih tua, dan tindakan buruk lainnya. Untuk menangani hal-hal tersebut, maka diperlukan penanaman karakter religius agar peserta didik memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh agama. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana upaya seorang pendidik dalam menanamkan karakter religius melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Purwokerto.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dimana peneliti melakukan penelitian secara langsung untuk memperoleh data dan informasi yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan kejadian yang ada di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan deskriptif. teknik pengambilan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, penulis menemukan adanya proses penanaman karakter religius dalam pembelajaran PAI, yang dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran mulai dari kegiatan awal pembelajaran, inti pembelajaran dan akhir pembelajaran serta kegiatan religius dalam proses pembelajaran seperti amal Jum’at, pembacaan Asma’ul Husna, shalat dzuhur berjama’ah, dan shalat Jum’at. Dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran di antaranya yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode teguran/nasihat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Karakter Religius, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:49
Last Modified: 27 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item