PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS KONSUMEN SABUN MANDI DI BANYUMAS)

ERNAWATI, ERNAWATI (2021) PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS KONSUMEN SABUN MANDI DI BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ernawati_Pengaruh Iklan dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian dengan Sikap sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Sabun Mandi di Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maraknya merek sabun yang beredar dimasyarakat sekarang memunculkan persaingan bisnis pada perusahaan sabun. Masyarakatpun memiliki banyak pilihan dalam menentukan keputusan pembelian sabun. Masyarakat mencari berbagai informasi mengenai sabun yang akan dibeli. Informasi tersebut dapat mereka dapatkan dari berbagai sumber seperti iklan sabun, mapun orang-orang yang ada di sekitar mereka. Dalam hal ini konsumen harus tahu betul mengenai apa yang mereka beli berdasarkan informasi yang terpercaya. Dalam memilih merek sabun mandi yang akan digunakan, konsumen cenderung memilih sabun yang tepat yang bisa memenuhi kebutuhan serta memberikan manfaat pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Iklan dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian dengan Sikap sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Sabun Mandi di Banyumas). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan yakni masyarakat yang berdomisili di Banyumas, pernah melihat iklan sabun Lifebuoy, serta membelinya. Pengubahan data interval ke data ordinal dibantu menggunakan metode suksesif interval (MSI), kemudian dilanjutkan dengan teknik analisisnya menggunakan SPSS dengan metode analisis regresi berganda dan jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Iklan berpengaruh signifikan terhadap sikap, kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap sikap. Selanjutnya, iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kelompok acuan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sikap sebagai variabel intervening, dan kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui sikap sebagai variabel intervening. Kata kunci: Iklan, Kelompok Acuan, Sikap, Keputusan Pembelian. THE INFLUENCE OF ADVERTISING AND REFERENCE GROUPS ON PURCHASING DECISIONS WITH ATTITUDES AS INTERVENING VARIABLES (Case Study Of Bath Soap Consumers In Banyumas) Ernawati NIM. 1717201072 E-mail: [email protected] Department of Islamic Economics Faculty of Islamic Economics and Business State Islamic University Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT The rise of soap brands circulating in the community now gives rise to business competition in soap companies. People also have many choices in determining the decision to buy soap. People are looking for information about the soap to be purchased. This information can be obtained from various sources such as soap ads, as well as people around them. In this case consumers should know very well about what they are buying based on reliable information. In choosing the brand of bath soap to be used, consumers tend to choose the right soap that can meet the needs and provide benefits to consumers. This study aims to examine the Influence of Advertising and Reference Groups on Purchasing Decisions with Attitudes as Intervening Variables (Case Study of Bath Soap Consumers in Banyumas). This study is a quantitative study with data collection techniques using questionnaires. The sample numbered 100 respondents. The sampling technique used is purposive sampling with established criteria, namely people domiciled in Banyumas, have seen lifebuoy soap ads, and bought them. The conversion of interval data to ordinal data is assisted using the method of success interval (MSI), then continued with the analysis technique using SPSS with path analysis methods. The results of this study showed that advertising has a significant effect on attitudes, reference groups have a significant effect on attitudes. Furthermore, advertising has a significant effect on purchasing decisions, while reference groups have no significant effect on purchasing decisions, attitudes have a significant effect on purchasing decisions. In addition, the results also showed that advertising has a significant effect on purchasing decisions with attitudes as intervening variables, and reference groups have a significant effect on purchasing decisions through attitudes as intervening variables. Keywords: Advertisement, Reference Groups, Attitudes, Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Kelompok Acuan, Sikap, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ernawati Ernawati
Date Deposited: 27 Oct 2021 08:22
Last Modified: 27 Oct 2021 08:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item