PENGARUH LITERASI PENGELOLAAN PENDAPATAN KEUANGAN TERHADAP KEUANGAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PADA IBU RUMAH TANGGA KELURAHAN BOBOSAN)

Nur, Annisa (2021) PENGARUH LITERASI PENGELOLAAN PENDAPATAN KEUANGAN TERHADAP KEUANGAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PADA IBU RUMAH TANGGA KELURAHAN BOBOSAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR ANNISA_SKRIPSI FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kestabilan ekonomi di dalam kelaurga merupakan salah satu faktor yang cukup menentukan kebahagiaan di dalam keluarga. Terjadinya ketidak stabilan dalam perekonomian keluarga bukan saja karena penghasilan yang tidak cukup, tetapi karena keluarga tersebut kurang bijaksana di dalam membelanjakan uang atau pendapatan. Masalah utama sebuah keluarga yang selalu ada biasanya seputar keuangan. Bisa karena kekurangan uang, kelebihan uang, atau karena bingung bagaimana mengatur uang bagi orang yang penghasilannya pas-pasan, sedangkan kebutuhan melebihi pemasukan. Pengelolaan ekonomi keluarga adalah tindakan untuk merencanakan, melaksanakan, memonitor, mengevaluasi, dan mengendalikan perolehan dan penggunaan sumber-sumber ekonomi keluarga khususnya keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kesadaran masyarakat dalam literasi dan pengelolaan pendapatan terhadap keuangan rumah tangga. Fokus dalam penelitian ini kepada masyarakat Kelurahan Bobosan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Spearman, dan uji regresi ordinal. Hasil penelitian menggunakan SPSS 16 menunjukan bahwa variabel tingkat kesadaran masyarakat dalam literasi dan pengelolaan pendapatan berpengaruh terhadap keuangan rumah tangga. Literasi keuangan syariah harus mengacu kepada syaiat Islam, yaitu berdasarkan hukum Islam dan pengelolaan keuangan pribadi dan keluarga dalam Islam sendiri bisa disebut dengan Sakinah Finance. Inti dari pengelolaan keuangan Islam adalah pengelolaan dengan menentukan skala prioritas dan anggaran belanja rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Pengelolaan, Keuangan Rumah Tangga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Nur Annisa
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:38
Last Modified: 27 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item