COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI SMA ISLAM TELADAN (IT) AL IRSYAD AL ISLAMIYAH PURWOKERTO

SUJIMAN, NIM.1223303067 (2016) COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI SMA ISLAM TELADAN (IT) AL IRSYAD AL ISLAMIYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SUJIMAN_COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Pelanggan merupakan tulang punggung bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Demikian pula dengan lembaga pendidikan, peserta didik sebagai pelanggan pendidikan menempati posisi penting bagi keberlangsungan lembaga pendidikan agar bisa terus eksis. Pelayanan yang baik sudah selayaknya diberikan kepada peserta didik agar harapan mereka terpenuhi sehingga mampu menciptakan loyalitas pelanggan pendidikan. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah terkait bagaiman manajemen hubungan pelanggan atau costumer relationship management yang diterapkan di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka Kesiswaan, waka Kurikulum, waka binpres, wali kelas serta peserta didik itu sendiri sebagai pelanggan pendidikan. Objek penelitian ini adalah costumer relationship management. Metode pengumpulan datanya yaitu obervasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model yang meliputi reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, diperoleh hasil bahwa kegiatan costumer relationship management di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwoekrto sudah dilaksanakan dengan baik dengan memberikan layanan pembelajaran, layanan informasi dan pemenuhan sarana dan prasaran yang memadai. Sekolah memiliki program yang cukup baik berupa home visit dan silaturahmi sebagai sarana lebih merekatkan hubungan anatara peserta didik, orang tua dan sekolah. Untuk memudahkan komunikasi dan penyampaian informasi, wali kelas membentuk grup WA dengan peserta didik dan orang tua peserta didik. Pelaksanaan costumer relationship management di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto secara umum telah memenuhi harapan pelanggan, meskipun dalam pemenuhan sarana dan prasarana khususnya laboratorium masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Costumer Relationship Management (CRM)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Sep 2016 07:48
Last Modified: 16 Sep 2016 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item