HISTORIOGRAFI ISLAM: STUDI KITAB NŪR AL-YAQῙN FῙ SῙRAH SAYYID AL-MURSALῙN KARYA SYAIKH MUHAMMAD AL-KHUDLARI BEK

Miftahul, Rohmat (2021) HISTORIOGRAFI ISLAM: STUDI KITAB NŪR AL-YAQῙN FῙ SῙRAH SAYYID AL-MURSALῙN KARYA SYAIKH MUHAMMAD AL-KHUDLARI BEK. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Miftahul Rohmat 1717503021 REVISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Historiografi Islam masa awal secara garis besar terbagi menjadi dua tema yakni Maġazi (peperangan yang dipimpin Nabi SAW) dan Sirah Nabawiyah (biografi Nabi SAW). Sirah Nabawiyah yang terkenal di Indonesia adalah Nūr al-Yaqīn Fī Sīrah Sayyid al-Mursalīn yang dikarang oleh Syaikh al-Khudlari Bek. Oleh karenanya perlu adanya analisis terkait dengan pemikiran, corak dan metode penulisan Historiografi Islam yang ditulis pada awal abad ke-20. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini difokuskan kepada bagaimana Syaikh al-Khudlari Bek menulis Kitab Nūr al-Yaqīn Fī Sīrah Sayyid alMursalīn ditinjau dari latar belakang, corak dan metode yang digunakan. Untuk menguraikan ketiga hal tersebut penelitian ini menggunakan teknik analisis konten (content analysis), dan teknik bibliografis. Adapun teori yang digunakan adalah teori corak dan model historiografi Islam menurut Badri Yatim. Hasil penelitian ini adalah Penulisan Kitab Nūr al-Yaqīn Fī Sīrah Sayyid al-Mursalīn dilatarbelakangi sedikitnya jumlah karya Historiografi Islam dengan metode dan gaya penulisan modern, sebagai karya pendukung atas keilmuan sejarah Syaikh al-Khudlari Bek, dan Sebagai bentuk sanggahan dan penolakan terhadap stigma negatif orientalis terhadap Islam.Kitab Nūr Al-Yaqīn menerapkan prinsip Mauḍu’iyat (analistik tematik) yang lebih menonjol dari prinsip corak historiografi Islam khabar,dan Ḣawliyat secara bersamaan. Metode penulisan Kitab Nūr al-Yaqīn Fī Sīrah Sayyid al-Mursalīn adalah historiografi naratif dengan penjelasan yang ilmiah dan sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Historiografi Islam, Corak, Metode, Syaikh al-Khudlari Bek, Kitab Nūr al-Yaqīn Fī Sīrah Sayyid al-Mursalīn
Subjects: 000 Generalities > 090 Manuscripts and rare books
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.1 Zaman Nabi Muhammad saw
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
800 Literature and rhetoric > 809 Literary history and criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Miftahul Rohmat sdr
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:52
Last Modified: 26 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11773

Actions (login required)

View Item View Item