PENGAMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus BUMDes Bade Juara Desa Kebandingan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal)

Siti barirotun, khasanah (2021) PENGAMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus BUMDes Bade Juara Desa Kebandingan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SITI_BARIROTUN_KHASANAH_PENGEMBANGAN_EKONOMI_MASYARAKAT_MELALUI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan ekonomi masyarakat merupakan proses kegiatan atau tahapantahapan dari kondisi tertentu ke tahapan-tahapan berikutnya dalam suatu wilayah untuk merubah perekonomian masyarakat serta memberdayakan masyarakat yang belum mempunyai kemampuan untuk mengontrol dan mengelola sasaran produksi.Dalam mengembangan perekonomian desa, pemerintah mendirikan badan usaha desa yaitu BUMDes. Namun beberapa desa belum mengelola BUMDes dengan baik, seperti BUMDes Desa Kebandingan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Yakni dengan pendekatan case studies, yaitu studi yang menggali suatu masalah dengan batasan yang terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam, dan menyertakan berbagai sumber informasi. Sumber data penelitian diambil melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes Bade Juara memiliki potensi yang bernilai tinggi, yaitu mampu mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah dan menjaga kualitas lingkungan serta pembangunan ekonomi desa. Namun, pelaksanaan manajemen BUMDes Bade Juara belum dilakukan dengan baik dalam sisi pengelolaan manajemennya terutama dalam peran dan fungsi SDM. Kemudian peran BUMDes Bade Juara Desa Kebandingan dalam pengembangan ekonomi masyarakat belum dirasakan oleh masyarakat yang ikut dalam keanggotaan BUMDes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Fungsi Manajemen, Badan Usaha Milik Desa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti barirotun khasanah sdr
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:40
Last Modified: 26 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11749

Actions (login required)

View Item View Item