PERAN SEKOLAH DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL RADIKALISME DI SMP NEGERI 1 MAJENANG KABUPATEN CILACAP

SELVA OKTI, RESTIVA (2021) PERAN SEKOLAH DALAM UPAYA PREVENTIF MENANGKAL RADIKALISME DI SMP NEGERI 1 MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Selva Okti Restiva_Peran Sekolah dalam Upaya Preventif Menangkal Radikalisme di SMP Negeri 1 Majenang Kabupaten Cilacap.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan plural dan heterogen, Indonesia memiliki potensi kekayaan multietnis, multikultur, dan multiagama yang kesemuanya merupakan potensi untuk membangun negara multikultur yang besar. Meskipun penuh dengan berbagai perbedaan, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyannya yaitu Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Namun dari banyaknya keberagaman tersebut seringkali terjadi konflik, terutama konflik antar golongan dan kelompok yang seringkali mengklaim sebagai yang paling benar di antara semuanya. Sehingga jika dalam agama hal ini dikenal dengan istilah radikalisme agama yang dalam praktiknya tindakan ini kerap kali melakukan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Saat ini, pemerintah sangat serius dalam memerangi isu radikalisme. Pemerintah sedang berusaha menangkal radikalisme dari berbagai dimensi dengan melibatkan banyak lembaga dan instansi. Selain melalui jalur hukum, militer, polisi, dan pemerintahan semata, menangkal bahaya radikalisme juga perlu melibatkan dimensi pendidikan. Sekolah menjadi salah satu medan perang utama dengan guru dijadikan agen penangkal radikalisme. Dalam penelitian ini ada dua tujuan yang ingin dicapai yaitu dapat memahami dan mendeskripsikan peran sekolah tentang radikalisme dan untuk mengetahui upaya preventif yang dilakukan oleh sekolah dalam menangkal radikalisme.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggunakan informassi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan aktivitas analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran sekolah dalam upaya preventif menagkal radikalisme di SMP Negeri 1 Majenang, bahwa Sekolah ini sangat berperan dalam memerangi tindakan radikalisme, terlihat dari beberapa wawancara dengan beberapa narasumber. Hal ini terlihat dari antusias mereka dalam memberikan informasi dari yang peneliti tanyakan. Semangat solidaritas, tanggung jawab, kerja sama, dan gotong royong sangat kental sekali dirasakan oleh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang sangat kompak dalam menangkal radikalisme. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam menangkal radikalisme melalui beberapa program dan kegiatan, diantaranya: (1) Mendidik dari Indonesia merupakan plural dan heterogen, Indonesia memiliki potensi kekayaan multietnis, multikultur, dan multiagama yang kesemuanya merupakan potensi untuk membangun negara multikultur yang besar. Meskipun penuh dengan berbagai perbedaan, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyannya yaitu Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Namun dari banyaknya keberagaman tersebut seringkali terjadi konflik, terutama konflik antar golongan dan kelompok yang seringkali mengklaim sebagai yang paling benar di antara semuanya. Sehingga jika dalam agama hal ini dikenal dengan istilah radikalisme agama yang dalam praktiknya tindakan ini kerap kali melakukan kekerasan yang mengatasnamakan agama. Saat ini, pemerintah sangat serius dalam memerangi isu radikalisme. Pemerintah sedang berusaha menangkal radikalisme dari berbagai dimensi dengan melibatkan banyak lembaga dan instansi. Selain melalui jalur hukum, militer, polisi, dan pemerintahan semata, menangkal bahaya radikalisme juga perlu melibatkan dimensi pendidikan. Sekolah menjadi salah satu medan perang utama dengan guru dijadikan agen penangkal radikalisme. Dalam penelitian ini ada dua tujuan yang ingin dicapai yaitu dapat memahami dan mendeskripsikan peran sekolah tentang radikalisme dan untuk mengetahui upaya preventif yang dilakukan oleh sekolah dalam menangkal radikalisme. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menggunakan informassi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan aktivitas analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran sekolah dalam upaya preventif menagkal radikalisme di SMP Negeri 1 Majenang, bahwa Sekolah ini sangat berperan dalam memerangi tindakan radikalisme, terlihat dari beberapa wawancara dengan beberapa narasumber. Hal ini terlihat dari antusias mereka dalam memberikan informasi dari yang peneliti tanyakan. Semangat solidaritas, tanggung jawab, kerja sama, dan gotong royong sangat kental sekali dirasakan oleh warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa yang sangat kompak dalam menangkal radikalisme. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam menangkal radikalisme melalui beberapa program dan kegiatan, diantaranya: (1) Mendidik dari dalam kelas, (2) Bimbingan Konseling, (3) Pembinaan ekstrakulikuler, (4) Menciptakan sekolah yang toleran, dan (4) Pembiasaan positif sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Radikalisme Majenang
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 291 Comparative religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Selva Okti Restiva sdri
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:21
Last Modified: 26 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11731

Actions (login required)

View Item View Item