IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ ABSHAUFA SYAFAAH KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Noviana, Indah Saraswati (2020) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ ABSHAUFA SYAFAAH KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NOVIANA INDAH SARASWATI_IMPLEMENTASI METODE YANBU’A.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berasal dari adanya kesibukan atau memiliki keterbatasan dalam bidang agama orang tua dalam mengajarkan agama Islam akhirnya mereka memasukkanya kedalam sebuah lembaga yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPQ) dengan tujuan anak-anaknya dapat membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai tajwid. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah metode yang efektif dan efisien. Seperti halnya TPQ Absahufa Syafa’ah yang menggunakan Metode Yanbu’a dalam proses membaca Al-Qur’an. Awalnya menggunakan Metode Qiraati namun dinilai kurang efektif dan setelah menggunakan Metode Yanbu’a memberikan perubahan dalam perkembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a daya tarik anak- anak untuk mengaji lebih besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala TPQ Abshaufa Syafa’ah , Ustadz atau Ustadzah, dan Santri TPQ Abshaufa Syafa’ah dan Wali Santri TPQ Abshaufa Syafa’ah. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelian menunjukkan bahwa Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode cepat tanggap belajar Al-Qurˈan. Metode Yanbu’a memiliki buku panduan mengajar yang digunakan sebagai pedoman mengajar. Namun dalam tahapan-tahapan mengajar yang dilakukan di TPQ Abshaufa Syafa’ah masih ada yang belum sesuai buku panduan belajar Metode Yanbu’a.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Yanbu’a, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:59
Last Modified: 25 Oct 2021 08:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11727

Actions (login required)

View Item View Item