METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI KELAS AL-’IMRITHI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH JABRES, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN

Ika, Nur Fajriyati (2020) METODE PEMBELAJARAN NAHWU DI KELAS AL-’IMRITHI PONDOK PESANTREN NURUL FALAH JABRES, KECAMATAN SRUWENG, KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ika Nur Fajriyati_Metode Pembelajaran Nahwu di Kelas Al-'Imr.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran nahwu merupakan seluruh perencanaan dan prosedur maupun langkah-langkah kegiatan pembelajaran termasuk pilihan cara penilaian yang akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Pondok Pesantren Nurul Falah adalah yayasan pendidikan yang di dalamnya menaungi pendidikan formal maupun non formal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana metode pembelajaran nahwu yang digunakan, kemudian apa variasi metode pembelajaran nahwu yang digunakan, dan bagaimana persepsi santri terhadap metode pembelajaran nahwu yang digunakan di kelas Al-’Imrithi Pondok Pesantren Nurul Falah tahun 2019/2020?”. Tujuan dari metode pembelajaran ini adalah untuk Menganalisis metode pembelajaran nahwu, mendeskripsikan metode pembelajaran nahwu, menganalisis persepsi santri terhadap metode pembelajaran nahwu menggunakan kitab Al-‘Imrithi yang digunakan di Pondok Pesantren Nurul Falah Jabres, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru nahwu kelas Al-‘Imrithi dan santri Pondok Pesantren Nurul Falah Kelas Al ‘Imrithi Putra dan Putri yang berjumlah 14 santri. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Falah adalah: dalam pembelajaran nahwu di kelas Al ’Imrithi, ustadz menggunakan dua metode, yaitu metode deduksi dan aktivitas. Metode deduksi adalah metode yang dimulai dengan kaidah lalu contoh. Metode aktivitas adalah metode yang dimulai dengan pemberian tugas pada santri untuk memahami konsep lalu mencari contoh lainnya, dan didiskusikan di kelas. Dalam penerapannya, ustadz memberikan sedikit variasi yaitu setiap pembelajaran hanya salah satu santri yang diminta maju dan menjelaskan materi di depan kelas. Dengan begitu santri tidak merasa bosan dengan pembelajaran dan merasa memiliki tanggungjawab jika sewaktu waktu diminta untuk maju dan menjelaskan. Kemudian persepsi santri tehadap metode tersebut juga sangat baik. Metode yang digunakan oleh ustadz selain membantu santri saat pembelajaran, namun juga membantu santri saat sudah terjun di masyarakat secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nahwu, Pondok Pesantren, Metode
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:33
Last Modified: 25 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11719

Actions (login required)

View Item View Item