KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI

NURUL, AINUN (2021) KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. Skripsi thesis, UIN Syaifudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL AINUN_KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PAUD MENURUT NOVAN ARDY WIYANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peran kepemimpinan akan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam sebuah lembaga pendidikan. Berbagai tokoh dari barat, tokoh muslim bahkan tokoh lokal di Indonesia telah banyak merumuskan konsep kepemimpinan pendidikan yang ideal. Salah satu tokoh lokal, Novan Ardy Wiyani yang merupakan dosen dari IAIN Purwokerto juga turut menyumbangkan pemikirannya dalam konsep kepemimpinan pendidikan. Pemikiran beliau banyak membahas tentang manajemen termasuk di dalamnya tentang kepemimpinan dan penyelanggaraan pendidikan anak usia dini. Berbeda dengan pemikiran dari tokoh lainnya yang secara umum lebih banyak mengkaji tentang konsep kepemimpinan kepala sekolah pada umumnya, beliau menitikberatkan konsep pemikirannya pada kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini. Selain itu, beliau memandang bahwa kepemimpinan yang baik atau yang ideal untuk sebuah lembaga pendidikan adalah mereka yang memenuhi standarisasi dan profesionalisasi. Kepemimpinan yang ideal tidak hanya terpaku pada satu gaya kepemimpinan saja, melainkan dengan terpenuhinya standarisasi dan profesionalisasi maka kepempinan tersebut bisa dikatakan ideal untuk sebuah lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran dari Novan Ardy Wiyani mengenai konsep kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi tokoh dengan metode studi pemikiran tokoh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dengan dikombinasikan dengan teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan kegiatan pokok seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah analisis penulis tentang pemikiran Novan Ardy Wiyani mengenai konsep kepemimpinan kepala pendidikan anak usia dini dengan menyajikannya bersama konsep kepemimpinan pendidikan kepala sekolah dari pemikiran tokoh lain, yaitu: 1) Konsep yang disajikan oleh Novan Ardy Wiyani merupakan bentuk pengembangan teori dari teori yang telah ada sebelumnya. Khususnya untuk teori tentang definisi dan teori tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah; 2) Konsep yang disajikan Novan Ardy Wiyani adalah sama dengan teori yang ada sebelumnya yaitu terletak pada teori mengenai fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan teori level kepemimpinan; dan 3) Konsep yang disajikan Novan Ardy Wiyani berbeda dengan teori yang telah ada sebelumnya terletak pada syarat kepemimpinan kepala sekolah dan unsur kepemimpinan; serta 4) Konsep yang disajikan Novan Ardy Wiyani bertolak belakang dengan teori yang telah ada sebelumnya terletak pada teori gaya kepemimpinan transformasional. Kata Kunci: kepemimpinan, pendidikan anak usia dini, Novan Ardy Wiyani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala PAUD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Nurul Ainun
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:33
Last Modified: 25 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item