PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU MOTIVASI RELIGI “DREAMING BIG” KARYA MUHAMMAD SYAH FIBRIKA RAMADHAN DAN VALENTINUS FUN

FURKON, FURKON (2020) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU MOTIVASI RELIGI “DREAMING BIG” KARYA MUHAMMAD SYAH FIBRIKA RAMADHAN DAN VALENTINUS FUN. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FURKON_PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUKU MOTIVASI RELIGI “DRE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena di Indonesia saat ini banyak terjadi kasus kekerasan yang dilakukan oleh siswa kepada gurunya dan banyak terjadi tindakan Kolusi, Korupsi, maupun Nepotisme (KKN) yang dilakukan oleh pejabat negara. Penelitian ini bertujuan untuk mencari inovasi pendidikan karakter melalui buku motivasi religi “Dreaming Big” karya Muhammad Syah Fibrika Ramadhan dan Valentinus Fun. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan penelitian kepustakaan atau Library Reasearch, adapun proses pengumpulan data menggunakan pencarian referensi dari berbagai media baik cetak berupa buku dan koran maupun elekronik berupa jurnal, artikel, dan berita online. Sedangkan subyek penelitiannya adalah buku Dreaming Big karya Muhammad Syah Fibrika Ramadhan dan Valentinus Fun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku “Dreaming Big” yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, menghargai prestasi, komunikatif, rendah hati, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dan pendidikan karakter melalui buku “Dreaming Big” yang di dalamnya terdapat tiga komponen penyusun karakter yang baik menurut Thomas Lickona yaitu: pertama, pengetahuan moral berupa kesadaran moral, nilai moral, penentuan perspektif, pengambilan keputusan, dan pengetahuan pribadi. Kedua, perasaan moral berupa harga diri, empati, mencintai hal yang baik, dan rendah hati. Ketiga, tindakan moral berupa kompetensi dan kebiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Motivasi, Religi, dan Buku “Dreaming Big”.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNAENI PUTRANTI sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:59
Last Modified: 25 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11708

Actions (login required)

View Item View Item