TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID 19 DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Fika Husna, Hayati (2021) TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID 19 DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIKA HUSNA HAYATI_TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID 19 DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi covid 19 di MI Modern Satu Atap Al Azhary dilakukan secara online penuh, kemudian dengan madrasah yang berbasis teknologi maka melakukan beragam cara untuk mengembangkan pembelajaran termasuk media yang digunakan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Ada salah satu guru yang aktif mencari format aplikasi untuk pembelajaran, bisa memberi motivasi kepada guru lain untuk terus menyajikan media yang terbaik di masa pandemi covid 19, yang termasuk mengikuti pelatihan office 365, serta mendatangkan narasumber untuk workshop media pembelajaran, beliau adalah guru kelas 6A. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait transformasi media pembelajaran saat pandemi covid 19 di MI Modern Satu Atap Al Azhary Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Penelitian dilakukan dengan riset lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwa transformasi media pembelajaran saat pandemi covid 19 di MI Modern Satu Atap Al Azhary terjadi karena adanya tuntutan keadaan yang mengharuskan untuk bertransformasi agar pembelajaran tetap dilaksanakan. Ada beragam transformasi media pembelajaran saat pandemi covid 19 yang diterjadi di madrasah. Dari perubahan bentuk media pembelajaran dari luring ke daring meliputi: perubahan media visual berupa powerpoint berisi materi berubah ke media audio berupa rekaman suara di voice note whatsapp, perubahan media visual berupa powerpoint berisi materi berubah ke media audio visual berupa penjelasan guru di google meet, perubahan media visual berupa powerpoint berisi materi berubah ke media audio visual berupa video pembelajaran di youtube yang dibuat dan diedit sendiri oleh gurunya. Media pembelajaran yang pada mulanya hanya sebagai perantara materi kini media seperti whatsapp, google meet dan youtube dapat mendukung sistem pembelajaran jarak jauh, menjaga keselamatan guru dan siswa, fleksibilitas pembelajaran serta whatsapp tidak hanya sebagai alat komunikasi saja namun kini sebagai media pembelajaran. Beberapa hal tersebut memberikan manfaat seperti penerapan teknologi pendidikan yang semakin banyak, siswa lebih menguasai media belajar online, menambah pengetahuan dan keterampilan guru, serta guru jadi lebih mudah dan banyak mempresentasikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Media Pembelajaran, Pandemi
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri FIKA HUSNA HAYATI
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:49
Last Modified: 25 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11688

Actions (login required)

View Item View Item