PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DI MI MA'ARIF NU 02 TAMANSARI PURBALINGGA

Dea Amelia, Harits (2021) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR DI MI MA'ARIF NU 02 TAMANSARI PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dea Amelia Harits_Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Sekitar di MI Ma’arif NU 02 Tamansari Purbalingga.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan konsep pembelajaran di sekolah yang terlalu menekankan aspek kognitif dan kurang memperhatikan kebutuhan serta pengembangan potensi peserta didik, sehingga pembelajaran cenderung bersifat teoritik dan konvensional. Selain itu, perlunya pembelajaran tematik yang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan sekitar di MI Ma’arif NU 02 Tamansari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan sekitar di MI Ma’arif NU 02 Tamansari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru MI Ma’arif NU 02 Tamansari Purbalingga. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Tahap pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan sekitar pada tahap perencanaan dimulai dengan guru terlebih dahulu melakukan pemetaaan terhadap tema pembelajaran tematik, selanjutnya guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan lingkungan sekitar. (2) Tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengajak siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dengan lingkungan nyata di sekitanya. (3) Evaluasi yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 02 Tamansari Purbalingga dilakukan secara langsung melalui penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Penilaian yang dilakukan di MI Ma’arif NU 02 Tamansari adalah penilaian autentik yang meliputi penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis, lisan dan penugasan; penilaian sikap menggunakan observasi;dan penilaian keterampilan menggunakan unjuk kerja dan portofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran Tematik, Lingkungan Sekitar.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dea Amelia Harits sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:10
Last Modified: 25 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item