PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SELFIANA TAFRIHAH, NIM. 102332078 (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SELFIANA TAFRIHAH_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maksud dari judul ini adalah adanya permasalahan-permasalahan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab yang terjadi pada siswa kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat tahun pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui apa saja problem yang dialami siswa kelas V dalam belajar keterampilan menulis bahasa Arab, serta upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan/field research, dengan jenis penelitian kualitatif.Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk penyajian sumber datanya ada dua sumber data yaitu sumber primer dan sumber sekunder, sumber primernya adalah guru bahasa Arab kelas V dan siswa kelas V MI Darul Hikmah sedangkan sumber sekundernya adalah berupa dokumen-dokumen yang meliputi, daftar nilai siswa, profil sekolah, dan catatan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini adalah problematika keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V dapat diketahui dari dua segi yaitu problematika segi linguistik dan problematika segi non linguistik. Dari problematika segi linguistik siswa mengalami kesulitan dalam membedakan bunyi huruf hijaiyyah yang bunyi makhrajnya hampir sama, siswa sulit dalam menyambung huruf, dan siswa sulit dalam mengharakatinya, kesulitan-kesulitan ini terjadi saat guru sedang mengimla‟kan mufradat kepada mereka. Sedangkan pada saat guru menggunakan metode drill yaitu memberi latihanlatihan kepada siswa menulis di papan tulis siswa menyalinnya di buku tulis mereka masing-masing ternyata siswa belum bisa menulis dengan rapi dan indah, tulisan mereka masih sulit dibaca. Dari segi non linguistik problematika keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V adalah meliputi problem fisiologi yakni terkait dengan keadaan fisik, termasuk kelelahan dan kurang gairah.Selanjutnya adalah problem psikologi yaitu meliputi bakat, kecerdasan, dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problematika, keterampilan menulis, pembelajaran, dan bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Sep 2016 02:58
Last Modified: 15 Sep 2016 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item