PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI DESA WANGANDALEM BREBES

Shindi, Huninairoh (2021) PEMANFAATAN POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI DESA WANGANDALEM BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Shindi Huninairoh_Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Desa Wangandalem Brebes.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan Pojok Baca ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan pojok baca untu meningkatkan minat baca anak usia dini di TK Pertiwi Desa Wangandalem Brebes. Program pojok baca ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak, dengan melalui sarana sekolah yang terbilang cukup memadai. Metode peneliian yang peneliti amati yaitu menggunakan metode kualitataif dengan menggunakan teknik observasi berulang-ulang dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi untuk menggali hasil yang optimal dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan anak. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kondisi minat baca anak usia dini sudah terbilang meningkat dari sebelumnya, kondisi minat baca anak terlihat pada ketersediannya sarana dan prasarana pojok baca. Pengelolaan pojok baca dilakukan dengan perencanaan yang baik yaitu melalui kegiatan membaca 10 menit sebelum pembelajaran di mulai. Kemudian dalam pemanfaatan pojok baca di TK Pertiwi merupakan sumber belajar yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak. Sumber belajar merupakan sesuatu yang mendukung terjadinya belajar, sumber belajar ini mencakup media yang di gunakan oleh anak baik sendiri-sendiri atau bersama guru pembimbing. Pojok baca sebagai sumber belajar bisa dikatakan sebagai koleksi buku yang berada di dalam kelas yang dilengkapi dengan rak buku, dekorasi, serta hiasan yang di pajang di sudut ruangan. Dengan pemanfaatan sumber belajar yang khusus ini tentunya akan menimbulkan rasa suka dalam minat membaca anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar,Minat Baca,Anak Usia Dini
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Shindi Huninairoh sdr
Date Deposited: 20 Oct 2021 18:55
Last Modified: 20 Oct 2021 18:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11625

Actions (login required)

View Item View Item