DAMPAK ISTRI SEBAGAI WANITA KARIR TERHADAP KEWAJIBAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA AMPELSARI, KECAMATAN PETANAHAN, KABUPATEN KEBUMEN.

Ibhar, Kholidi (2021) DAMPAK ISTRI SEBAGAI WANITA KARIR TERHADAP KEWAJIBAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA AMPELSARI, KECAMATAN PETANAHAN, KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
IBHAR KHOLIDI_DAMPAK ISTRI SEBAGAI WANITA KARIR TERHADAP KEWAJIBAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA AMPELSARI, KECAMATAN PETANAHAN, KABUPATEN KEBUMEN..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena wanita karir yang sudah memiliki suami memang banyak sekali di masyarakat, seperti yang terjadi di desa Ampelsari, adanya fenomena ini tercetus dari kondisi keuangan keluarga yang kurang mampu, istri sudah berkarir sebelum menikah atau mengembangkan potensi yang dimiliki. Karena istri tidak hanya sebagai ibu dalam rumah tangga, namun istri juga bisa membantu mencari pengahasilan bagi kebutuhan hidup keluarga. Dari fenomena ini, ditarik rumusan masalah dan tujuannya bagaimana dampak positif dan negatif kewajiban istri sebagai wanita karir dalam mengurus keluarga di Desa Ampelsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen dan bagaimana kewajiban istri sebagai wanita karir terhadap keharmonisan keluarga prespektif Kompilasi Hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Dalam hal ini, data atau informasi bersumber dari wanita-wanita karir di Desa Ampelsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, menggunakan pendekatan sosiologis. Hasil penelitiannya, dampak istri sebagai wanita karir terhadap kewajiban ibu rumah tangga, yang dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah dapat membantu kecukupan ekonomi keluarga, dalam mendidik anaknya lebih bijaksana dan memiliki pola pikir yang modern. Dampak negatifnya adalah urusan rumah tangga terbengkalai. Waktu bersama anak dan suami berkurang. Mengenai kewajiban istri sebagai wanita karir terhadap keharmonisan keluarga prespektif Kompilasi Hukum Islamnya adalah seorang istri di Ampelsari meminta izin agar nantinya dapat dipahami oleh suaminya, bahkan ada yang berbagi tugas agar semua kegiatan terlaksana. Istri mengatur keperluan rumah tangga dimana istri berkecimpung di dapur juga sandang. Kalau diwaktu kesehariannya, pemenuhan kewajiban istri terhadap suami dan anak sudah terpenuhi, mengingat selepas kerja dan pada hari libur itu digunkan secara keseluruhan bersama mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wanita karir, Ibu Rumah Tangga
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ibhar Kholidi sdr
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:37
Last Modified: 22 Oct 2021 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item