IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III POKOK BAHASAN GERAK BENDA DI MI MA'ARIF PANCURENDANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Rifian Dewi, Anggraeni (2021) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III POKOK BAHASAN GERAK BENDA DI MI MA'ARIF PANCURENDANG KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIFIAN DEWI ANGGRAENI.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses atau kegiatan, bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat tetapi juga mengalami. Hasil dari belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan pengubahan kelakuan. Hal tersebut melatar belakangi skripsi ini. Pendekatan pembelajaran IPA selama ini masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku (tekstual) belum memanfaatkan pendekatan kontekstual lingkungan dalam pembelajaran secara maksimal. Salah satu pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA ini adalah dengan menggunakan eksperimen. Dengan bereksperimen guru mengajak siswa berinteraksi langsung dengan lingkungan belajar siswa. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena siswa lebih merespon terhadap pelajaran yang disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Ma’arif Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”.Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai Metode eksperimen di MI Ma’arif Pancurendang‟ Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan metode eksperimen pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Ma‟arif Pancurendang dalam proses pembelajaran IPA sudah baik, karena selain menggunakan metode ceramah pembelajaran IPA juga menerapkan penggunaan metode eksperimen. Hal ini dianggap tepat dibelajarkan pada kelas III untuk melancarkan dan membuat siswa paham dan mengerti tentang pokok bahasan gerak benda. Penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu secara komprehensif atau keseluruhan antara lain dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, metode eksperimen.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rifian Dewi Anggraeni sdri
Date Deposited: 18 Oct 2021 22:01
Last Modified: 18 Oct 2021 22:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item