Implementasi Kurikulum Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga

Refa, Mahdiyana (2021) Implementasi Kurikulum Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REFA MAHDIYANA_IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA MASA PANDEMI COVID19 DI MTs MUHAMMADIYAH 10 PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 dijelaskan bahwa satuan pendidikan madrasah dapat melakukan inovasi dalam pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta didik, akademik, dan kebutuhan madrasah itu sendiri. Implementasi ini sangat membantu dalam situasi yang sedang terjadi seperti saat sekarang ini di tengah pandemi, madrasah dapat melakukan terobosan-terobosan dalam penyelenggaraan pendidikan agar pendidikan tetap dapat berjalan maka diberlakukannya inovasi kurikulum di era pandemi Covid-19.Saat terjadi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pembelajaran yang awalnya diterapkan secara luring atau tradisional kini berubah menjadi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring atau modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran di tengah pandemi, khususnya di MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Saat terjadi pandemi Covid-19 keadaan berubah drastis pada dunia pendidikan, seakan-akan ada paksaan, dalam hal ini dimana pelaksanaan pembelajaran yang awalnya diterapkan secara luring kini berubah menjadi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Hal ini merupakan suatu cara inovasi pada dunia pendidikan agar pendidikan tetap dapat dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah model pengembangan pembelajaran di tengah pandemi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik wawancara digunakan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran yang disampaikan secara langsung oleh kepala madrasah, waka kurikulum, humas, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada implementasi kurikulum menggunakan beberapa media dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara daring terdapat beberapa kelebihan dan kendala. Dengan demikian, inovasi perlu dilakukan guna pengembangan dalam implementasi pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Refa Mahdiyana
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:00
Last Modified: 18 Oct 2021 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item