PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN FLUKTUASI HARGA EMAS TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK BERINVESTASI DI PT. PEGADAIAN CABANG KEBUMEN

Afriyan, Farkhan Auladi (2021) PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN FLUKTUASI HARGA EMAS TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK BERINVESTASI DI PT. PEGADAIAN CABANG KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AFRIYAN FARKHAN AULADI .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Refleksi kesadaran manusia dalam decade belakang ini berfokus pada gaya hidup dan budaya produktif menjadi satu arah menjadi satu tujuan kehidupan yang cenderung konsumtif. Sebagai generasi muda berakal seharusnya dapat mempergunakan hartanya sebaik mungkin. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan kebutuhan tak terduga dimasa yang akan datang dengan berinvestasi emas yang tahan inflasi meski nilai mata uang negara naik turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi dan fluktuasi harga emas terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di PT. Pegadaian Cabang Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3.917 nasabah diperoleh dari jumlah nasabah investasi emas pada tahun 2020. Rumus sampling yang digunakan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 97 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan insidental sampling. Metode analisis yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pengujian statistik secara parsial (uji t) menunjukkan t hitung 4.498 > t tabel 1.985 dan signifikan 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang menyatakan secara parsial strategi promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Variabel fluktuasi harga emas menunjukkan t hitung 1.365 < t tabel 1,985 dan signifikan 0,175 > 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima, yang menyatakan secara parsial fluktuasi harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji f), menunjukkan F hitung 15,507 > F tabel 3,09 dan nilai sig. 0,000 < (α = 0,05). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, yang menyatakan secara simultan variabel strategi promosi dan fluktuasi harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Nilai R square diperoleh sebesar 0,248 menunjukkan bahwa 24,8%, variabel minat nasabah dapat dijelaskan oleh variabel strategi promosi dan fluktuasi harga emas. Sedangkan sisanya 75,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Fluktuasi Harga Emas, Minat Nasabah, Investasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Afriyan Farkhan Auladi sdr
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:15
Last Modified: 18 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item