IMPLEMENTASI TA'ZIR BAGI SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI KABUPATEN BANYUMAS

Fathunnajih, Fathunnajih (2021) IMPLEMENTASI TA'ZIR BAGI SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FATHUNNAJIH 1522402101.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci, Purwokerto, Banyumas merupakan lembaga pendidikan yang bersifat nonformal dengan tujuan untuk membentuk perilaku yang memiliki pengetahuan luas, berbudi luhur dan berakhlakul karimah. Dalam proses pendidikan diperlukan adanya kedisiplinan sedangkan kedisiplinan merupakan suatu keadaan yang terbentuk melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Disiplin digunakan sebagai salah satu alat dan sarana dalam pembentukan, pengendalian dan peningkatan perilaku seseorang dalam lingkungan tertentu. Dalam proses kedisiplinan salah satu pendidikan yang digunakan oleh pondok pesantren adalah pemberian ta’zīr terhadap santri yang melakukan pelanggaran tata tertib. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi ta’zīr bagi belajar santri putra Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian perolehan data disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa: Implementasi ta’zīr yang dilakukan oleh pengurus Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci meliputi tiga tahapan utama, pertama yaitu pemanggilan santri oleh pihak keamanan untuk berkumpul ditempat yang sudah ditentukan, tahapan kedua yaitu proses persidangan untuk mengetahui apakah santri benar-benar melakukan pelanggaran dan tahapan ketiga yaitu pemberian ta’zīr terhadap santri yang terbukti melakukan pelanggaran. Ta’zīr yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci memberikan hasil yang baik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar santri putra ditunjukan dengan adanya rasa kepatuhan, rasa kesadaran dan rasa tanggungjawab yang tumbuh pada diri santri sehingga jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh santri berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Ta’zīr, Santri, Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathunnaji Fathunnajih sdr
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:22
Last Modified: 15 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item