IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN PEMALANG NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP PETANI PERSPEKTIF MASHLAHAH

LILI, ISTIANAH (2021) IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN PEMALANG NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN TERHADAP PETANI PERSPEKTIF MASHLAHAH. Skripsi thesis, uin prof. saefudin zuhri purwokerto.

[img]
Preview
Text
LILI ISTIANAH_IMPLEMENTASI PERDA KABUPATEN PEMALANG NOMOR 1 TAHUN 2017.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pemalang bertujuan untuk membangun petani yang inovatif serta meciptakan petani yang maju dan mampu meningkatkan kualitas pertanian sehingga hasil panen memuaskan. Penelitian kali ini akan memberikan gambaran terkait kendala dari adanya kelompok tani serta menggambarkan bagaimana pemerintah daerah dalam melakukan pemberdayaan serta perlindungan terhadap petani petani dengan di berikannya subsidi padi dan juga jagung kepada kelompok tani. Jenis penelitian jenis penelitian lapangan (field reaserch) penelitian dengan mengambil sampel kelompok tani Kecamatan Watukumpul dan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Penelitian ini mengumpulkan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya Perda Kabupaten Pemalang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Perberdayaan Dan Perlindungan Terhadap Petani kurang berjalan denga baik dan karena berdasarkan pasal 3 bentuk pemberdayaan dan perlindungan terhadap petani dilakukan dengan mendirikan kelompok tani, memberikan subsidi pertanian yang berupa bibit padi, bibit jagung, alat-alat pertanian dan juga penyuluhan. Subsidi yang diberikan tidak sesuai dengan musim panen petani bahkan subsidi turun setiap 3-4 tahun sekali bahkan terdapat kelompok yang tidak mendapatkan sama sekali subsidi dari pemerintah. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa implemetasi perda kabupaten pemalang nomor 1 tahun 2017 tentang pemberdayaan dan perlindungan terhadap petani tidak berjalan dengan baik jika dilihat dari persepektif mas}lahah perda ini pada satu sisi membawa kemaslahatandan disatu sisi membawa kemafsadatan perda ini berujuan untuk memberikan kemudahan bagi petani tapi dengan tidak diturunkannya subsidi pertanian kepada petani peraturan daerah ini menambah kesulitan untuk para petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Kelompok Tani, Mashlahah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Lili Istianah sdri
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:51
Last Modified: 14 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item