MANAJEMEN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING (LPBA) NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO BANYUMAS

Khafid Zaenul, Amin (2021) MANAJEMEN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING (LPBA) NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khafid Zaenul Amin_MANAJEMEN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING (LPBA) NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO BANYUMAS.pdf

Download (929kB) | Preview
Official URL: https://www.youtube.com/channel/UCk7DrkNvorlxgUhWd...

Abstract

Bahasa Arab menjadi satu hal yang penting dalam mempelajari keislaman sehingga menekankan pada kepentingan membaca dan memahami literatur bahasa Arab dalam Al-Qur’an dan hadits. Seiring perkembangan zaman, bahasa Arab menjadi bahasa komunikasi di lingkup global sehingga orientasi pembelajaran Bahasa Arab mulai menekankan pada kemahiran berbicara (Maharah al-kalam). Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci merasakan kebutuhan akan pentingnya bahasa Arab sebagai komunikasi santri sehingga mendirikan Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul Hidayah. Faktor keberhasilan sebuah lembaga pengembangan bahasa salah satunya adalah manajemen yang diselenggarakan di lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan analisis mengenai proses manajemen pada Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil wawancara, catatan observasi lapangan, dokumentasi pribadi, dan dokumen lainnya. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dengan tim pengembangan bahasa Asing (LPBA Nurul Hidayah) serta para anggota yang bergabung di lembaga tersebut. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangguasi data dengan membandingkan hasil wawancara terhadap objek penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengverifikasi dan memperbanyak data tentang analisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Manajemen Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul Hidayah pada tahap perencanaan kepala lembaga bersama pengasuh serta dengan jajaran pengurus LPBA merumuskan tujuan, menentukan tutor bahasa, membuat program kegiatan, menyiapkan materi, menentukan waktu pelaksanaan serta peraturan berbahasa. Selanjutnya adalah melakukan pengorganisasian dengan membuat struktur kepengurusan, menyediakan fasilitas serta tim yang menyusun kerangka agar lebih efisien dalam melaksanakan rencana yang sudah dibuat melalui proses penetapan petugas yang diperlukan untuk mensuksekannya. Pada tahap pelaksanaan yaitu menyiapkan materi, menentukan metode, mengelola ruang belajar, pelaksanaan kegiatan belajar. Kemudian pada tahap pengawasan adalah pengawasan langsung oleh kepala lembaga dan melalui pengurus yang sudah dibentuk. Dalam mengevaluasi melalui tes langsung dan partisipasi dalam kompetisi Bahasa Arab. Kata kunci: Manajemen, Pengembangan Bahasa, LPBA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Bahasa, LPBA
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.65 Organisasi Profesi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
400 Language > 406 Organizations and management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khafid Zaenul Amin sdr
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:41
Last Modified: 07 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item