KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM TERJEMAH KITAB TUHFAT AL-MAUDŪD BI AHKĀM AL-MAULŪD KARYA IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH

Dewi, Masyitoh (2021) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM TERJEMAH KITAB TUHFAT AL-MAUDŪD BI AHKĀM AL-MAULŪD KARYA IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM TERJEMAH KITAB TUHFAT ALMAUDUD KARYA IBNU QAYYIM AL-JAUZIYAH_Dewi Masyitoh.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi salah satu yang harus dikembangkan dengan segala potensi yang ada. Oleh sebab itu, sebagai wujud dari amanah dan tanggung jawab orang tua, anak berhak mendapatkan pendidikan pertama sebagaimana mestinya. Namun pada kenyataannya, terkadang lingkungan keluarga kurang memperhatikan hubungan terhadap anaknya. Interaksi orang tua dan anak seringkali kurang mendapat perhatian, sehingga anak akan tumbuh dan berkembang dengan sedikit interaksi yang baik kepada orang tua maupun lingkungannya. Hal demikian tentu akan berpengaruh terhadap masa pertumbuhan anak di kemudian hari, dimana anak adalah gerenasi yang akan membangun sosial yang berkemajuan. Oleh karena itu, peran orang tua dalam membentuk perilaku dan tabiat anak serta mambantu menumbuhkan potensi dan kreativitas anak dibutuhkan konsentrasi yang penuh dari orang tua. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan berupa angka-angka. Dengan metode deskripsi analisis isi (content analysis) yaitu memaparkan dan menguraikan objek yang dikaji melalui sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah: 1) Konsep pendidikan anak usia dini dalam terjemah kitab Tuhfad Al-Maudūd bi Ahkām Al-Maulūd karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah terbagi menjadi dua periode, yaitu: a) Periode pendidikan anak usia 0 – 2 tahun dengan memberikan perhatian melalui rangsangan pendidikan adzan dan iqamah di telinga anak, mentahnik anak, memberi nama yang baik bagi anak, menyusui dan menyapih anak, aqiqah untuk anak, dan mengkhitan anak. b) Periode pendidikan anak usia 3 – 6 tahun dengan memberi stimulus berupa pendidikan iman, pendidikan akhlak, pendidikan badan, pendidikan sosial, dan pendidikan intelektual. 2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini dalam terjemah kitab Tuhfad Al-Maudūd bi Ahkām Al-Maulūd karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mencakup tiga aspek, yaitu: Faktor hereditas (keturunan), faktor lingkungan, dan faktor ketetapan Allah SWT. Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Tuhfad Al-Maudūd bi Ahkām Al-Maulūd

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Tuhfad Al-Maudūd bi Ahkām Al-Maulūd
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dewi Masyitoh sdri
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:40
Last Modified: 04 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item