PERAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KB WADAS KELIR

ASTITA, APRIDA (2021) PERAN GURU DALAM MEMAKSIMALKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KB WADAS KELIR. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I&II, PENUTUP.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Astita_Peran Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Motorik Kasar Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di KB wadas kelir. Di KB Wadas Kelir terdapat beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Motorik Kasar dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan motorik kasar anak, jadi para guru di KB Wadas Kelir tidak hanya mengedepankan pembelajaran kognitif saja tetapi pembelajaran yang berkaitan dengan semua proses tumbuh kembang anak juga di perhatikan. Dan itu semua adalah alasan mengapa penulis sangat ingin meneliti Peran Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Motorik Kasar Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di KB Wadas Kelir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan secara kualitatif deskriptif, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik penentuan subjek menggunakan tekhnik Purposive Sampling dimana Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah guru. Objek yang dikaji adalah bagaimana proses atau kegiatan yang dilakukan guru dalam upaya meningkatkan motorik kasar anak usia dini di KB Wadas Kelir. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu mengenai kegiatan- kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan motorik kasar khususnya pada masa pembelajaran jarak jauh di dalam skripsi tersebut juga menjelaskan tentang bagaimana peran guru pada kegiatan pengembangan motorik kasar khususnya pada masa pembelajaran jarak jauh. Adapaun kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan motorik kasar adalah kegiatan Fun Game, Senam Bebek Virtual, Games Ikuti Aku dan lainya. Dan untuk peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, pembimbing, komunikator, agen kognitif, moral dan politik, manajer, inovatif, evaluator, penyedia lingkungan, model. Adapun bukti para guru telah berhasil mengembangakan motorik kasar anak di buktikan Ketika anak-anak sudah mencapai tingkat perkembanganya, yaitu untuk anak usia 4-5 tahun sudah mulai berjijit dan berjalan menggunakan satu kaki, berjalan zig-zag, melompat dan lain sebagainya. Kata kunci: Peran Guru, Motorik Kasar, Pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Guru, Motorik Kasar, Pembelajaran jarak jauh
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Astita Luki Mei Aprida sdr
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:28
Last Modified: 04 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item View Item