MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Lia, Rohmaliah (2021) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Masters thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis_191765013_Lia Rohmaliaah_MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak Mengembangkan dan menguatkan karakter literasi anak usia dini ditengah era teknologi, modernisasi, pengembangan pengetahuan, dan bertebaran data digital merupakan upaya untuk menyelenggarakan kemajuan Pendidikan Indonesia. Praksisnya, literasi PAUD berbeda dengan jenjang lainnya yang dilakukan sesuai prinsip pembelajaran di PAUD yang berfokus pada kebutuhan dan perkembangan anak diantaranya adalah melalui model pembelajaran sentra. Tujuan dari penelitian ini, menganalisis gambaran proses atau aktivitas pengelolaan program literasi dalam pembelajaran sentra di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan model dan metode yang berbeda dibandingkan PAUD lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif , pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan, kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, ranah implementasi manajemen program literasi dilakukan sesuai dengan teori dan fungsi manajemen. Namun pada proses kegiatan pembelajaran dan evaluasi tidak dilakukan sesuai dengan per-indikator yang direncanakan namun dilakukan secara keseluruhan disebabkan pembelajaran melalui daring. Kedua, Inovasi integrasi pembelajaran sentra dengan kegiatan literasi yang dikembangkan TK AL Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang pelaksanaanya include pada semua kegiatan sentra pada tiap level (KB, TKA dan TK B). Kegiatan literasi dilakukan dengan media dan metode verbal-linguistik dan kontekstual thinking (berfikir simbolik), seperti penggunaan media/benda di sekitar lingkungan rumah yang sudah anak kenali. Yang berimplikasi dominasi peran orang tua ketika pendampingan pada saat aktivitas pembelajaran daring. Kata Kunci: Program Literasi, Pembelajaran Sentra

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lia Rohmaliah sdri
Date Deposited: 28 Oct 2021 22:05
Last Modified: 28 Oct 2021 22:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item