PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI SD IT TIHAMAH CIREBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ayuningtyas Utami, Tyas (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V DI SD IT TIHAMAH CIREBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYUNINGTYAS UTAMI 1717403048.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan aplikasi e-learning merupakan salah satu sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian peserta didik dalam pembelajaran dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang efisien dan kondusif. Salah satu tujuan dalam pembelajaran bahasa Arab secara umum adalah agar peserta didik mampu menguasai empat keterampilan (skill) bahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbiacara dan keterampilan menulis. Dengan adanya aplikasi e-learning ini dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik dirasa akan lebih mendalami berbagai maharah terutama dalam maharah kalam atau keterampilan berbicara. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi e-learning terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa di SD IT Tihamah Cirebon tahun pelajaran 2020/2021. Maka dari permasalahan tersebut peneliti bisa melihat seberapa besar pengaruh dari penggunaan aplikasi e-learning tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 56 siswa, sedangkan sampel pada penelitian berpedoman pada jika populasi sekitar 30% maka sampel diambil sebesar 100%, yaitu berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/kuisioner terhadap responden. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat yang datanya diperoleh melalui pembagian angket/kuisioner yang kemudian diambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi e-learning terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V di SD IT Tihamah Cirebon tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dari hasil (X^2) lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel 〖(Xt〗^2) baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%. Dimana nilai Chi Kuadrat hitung (X^2) adalah 31,38 sedangkan harga Chi Kuadrattabel 〖(Xt〗^2) pada taraf signifikan 1% adalah 13,277 dan taraf signifikan 5% adalah 9,448. Dengan demikian bahwa harga Chi Kuadrat hitung 31,38 lebih besar dari harga Chi Kuadrattabel taraf signifikan 1% maupun 5%, yaitu 9,448 < 31,83 > 13,277. Kata Kunci : Penggunaan Aplikasi E-Learning, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Aplikasi E-Learning, Keterampilan Berbicara.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ayuningtyas Utami
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:16
Last Modified: 04 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11407

Actions (login required)

View Item View Item