MAJELIS TAKLIM SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS MAJELIS TAKLIM AN-NUR DESA KALIKIDANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS)

Fera Dwi, Chandra (2021) MAJELIS TAKLIM SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS MAJELIS TAKLIM AN-NUR DESA KALIKIDANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fera Dwi Chandra_Majelis Taklim sebagai Implementasi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Majelis Taklim An-Nur Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas) (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi Majelis Taklim sebagai Implementasi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Majelis Taklim An-Nur Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas) yang dilatar belakangi oleh peran yang tinggi dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan dalam melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam sekaligus sebagai jawaban dari rumusan masalah mengenai bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam di Majelis Taklim An-Nur Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian dalam skripsi ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan subjek peneliti meliputi pengajar dan pendiri, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam memperoleh informasi di Majelis Taklim An-Nur. Semua informasi yang telah diperoleh dilakukan analisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan terakhir dilakukan penyimpulan atas semua data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Majelis Taklim sebagai Implementasi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Majelis Taklim An-Nur Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas) menghasilkan bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Majelis Taklim An-Nur dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan meliputi tujuan dan kurikulum dengan menyesuaikan keadaan dari para santri atau jamaah dan waktu pelaksanaannya. Tahap pelaksanaan yang meliputi materi, media maupun metode serta pendekatan dilaksanakan seadanya dan sesuai dengan kemampuan dari pengajar. Sedangkan tahap evaluasi hanya untuk mengetahui pemahaman para santri. Penelitian dalam skripsi ini memiliki harapan agar dapat menjadi masukan untuk lebih meningkatkan kualitas majelis taklim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Majelis Taklim
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Fera Dwi Chandra
Date Deposited: 23 Sep 2021 20:08
Last Modified: 23 Sep 2021 20:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item