EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV MI AL-ITTIHAD DUKUH BENDA DESA BUJIL KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Roikha, Fatikhatul Janah (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV MI AL-ITTIHAD DUKUH BENDA DESA BUJIL KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROIKHA FATIKHATUL JANAH_EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM DARING PADA SISWA KELAS IV MI AL-ITTIHAD DUKUHBENDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi merupakan proses yang dilakukan untuk memperoleh informasi tentang keberhasilan, efektivitas dalam proses pembelajaran. Evaluasi juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran khususnya pada proses pembelajaran sistem daring. Skripsi ini mengkaji tentang evaluasi pembelajaran sistem daring pada siswa kelas IV MI Al-Ittihad Dukuhbenda Desa Bujil Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal yang meliputi tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang evaluasi pembelajaran sistem daring pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Al-Ittihad Dukuhbenda Desa Bujil Kecamatan Bumijawa Tegal. Dengan subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Adapun objek dalam penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran sistem daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang evaluasi pembelajaran sistem daring pada siswa kelas IV MI Al-Ittihad Dukuhbenda Desa Bujil Kecamatan Bumijawa, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan optimasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi pembelajaran sistem daring dilaksanakan mencakup tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menyesuaikan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dalam evaluasi aspek kognitif guru melakukan penilaian dengan memberikan tugas harian, ulangan, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). Evaluasi aspek afektif guru melakukan penilaian dengan melihat keaktifan dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran sistem daring. Sedangkan evaluasi aspek psikomotorik penilaian dilakukan dengan melihat kinerja siswa dalam mengerjakan tugas dan tugas praktik yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran sistem daring. Kata kunci: evaluasi pembelajaran, sistem daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran sistem daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Roikha Fatikhatul Janah
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:43
Last Modified: 17 Sep 2021 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item View Item