MODEL PEMBELAJARAN TADABBUR ALAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TPQ AL-QUBA PASINGGANGAN BANYUMAS

Eka Puji, Arvia (2021) MODEL PEMBELAJARAN TADABBUR ALAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TPQ AL-QUBA PASINGGANGAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eka Puji Arvia_Model Pembelajaran Tadabbur Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TPQ-Al-Quba Pasinggangan Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran adalah pola yang digunakan untuk membentuk, merancang bahan – bahan pembelajaran, serta membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Seperti halnya model pembelajaran tadabbur alam yang diterapkan pada TPQ merupakan pola pembelajaran yang menjadikan alam sebagai aplikasi belajar secara langsung. Adanya pandemi covid-19 ini menjadikan dampak yang cukup berat untuk setiap lembaga pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran. Meski demikian, dengan adanya keputusan berlakunya New Normal, cukup membuat lega khususnya lembaga pendidikan non formal TPQ, yang mana pada penerapan model pembelajaran tadabbur alam di TPQ dapat berjalan secara tatap muka meski berbeda teknis pelaksanaannya dan tentunya akan tetap kurang maksimal daripada sebelum adanya pandemi covid-19 ini. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah, “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Tadabbur Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TPQ Al-Quba Pasinggangan Banyumas?” Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran jelas mengenai model pembelajaran tadabbur alam yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 di TPQ Al-Quba Pasinggangan Banyumas. Skripsi ini membahas tentang Model Pembelajaran Tadabbur Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TPQ Al-Quba Pasinggangan Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tadabbur alam TPQ Al-Quba dilaksanakan dengan meliputi materi, strategi, metode, media, dan sumber belajar. Pembelajaran tadabbur alam di TPQ Al-Quba tidak hanya dijadikan sebagai perenungan untuk lebih dekat dengan Allah SWT, akan tetapi sebagai sarana belajar juga yang mengupayakan santri untuk tidak merasa bosan belajar didalam kelas. Adapun teknis pelaksanaannya cukup berbeda karena dilaksanakan dimasa pandemi. Penerapan model pembelajaran tadabbur alam tersebut meski dimasa pandemi, dilaksanakan dengan baik, mematuhi protokol kesehatan, menarik, terarah, dan cukup sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tadabbur Alam, Pandemi Covid-19, TPQ Al-Quba
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Puji Arvia sdri
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:33
Last Modified: 17 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item