MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI YaBAKII JANGRANA KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Naili, Beautifliani (2021) MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI YaBAKII JANGRANA KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NAILI BEAUTIFLIANI_MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS IV DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI MI YaBAKII JANGRANA KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran yang beragam dan tepat dalam setiap kegiatan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila siswa ikut terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Pendekatan saintifik lebih menekankan pada kecakapan siswa, kemampuan berkomunikasi, kemandirian, kemampuan memahami, serta memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Dengan adanya Model Cooperative Learning dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, menumbuhkan keterampilan berpikir serta keterampilan sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas IV dengan Pendekatan Saintifik Di MI YaBAKII Jangrana Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Tematik pada Kelas IV dengan Pendekatan Saintifik Di MI YaBAKII Jangrana Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, yaitu: diawali dengan kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan yang dilakukan yakni membuat RPP, mempersiapkan media serta sumber belajar, menentukan anggota kelompok. Pelaksanaan model Cooperative Learning tipe Learning Together secara umum yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah dengan penilaian hasil kerja kelompok dan penilaian individu melalui sikap siswa selama pembelajaran. Dengan model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik siswa menjadi lebih kooperatif, serta lebih aktif dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naili Beautifliani sdri
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:30
Last Modified: 17 Sep 2021 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item