PERAN IPNU-IPPNU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM REMAJA DI DESA LARANGAN BREBES

Nur Aulia, Luthfiana (2021) PERAN IPNU-IPPNU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM REMAJA DI DESA LARANGAN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AULIA LUTHFIANA_PERAN IPNU-IPPNU DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM REMAJA DI DESA LARANGAN BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan, manusia sebagai hamba Allah memiliki pendirian dalam beragama, dan berusaha tunduk serta patuh pada Allah melalui pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar yang terencana dalam menyiapkan manusia untuk lebih mengenal, paham, menghayati hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Pendidikan agama Islam sangat penting untuk setiap muslim. Terutama remaja, karena remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa, dimana remaja memiliki tingkat emosional yang tinggi yang sulit di kendalikan, sehingga mudah terjerumus kedalam pergaulan bebas. Dalam mempelajari pendidikan agama Islam dapat diperoleh secara formal, non-formal maupun informal. Melalui informal yaitu salah satunya organisasi IPNU IPPNU yang berada di lingkungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Yaitu digunakan untuk mendeskripsikan apa adanya terkait peran IPNU IPPNU dalam pendidikan agama Islam remaja di desa Larangan. Objek dalam penelitian ini adalah peran organisasi IPNU IPPNU dalam mengajarkan pendidikan agama Islam bagi remaja di desa Larangan. Sedangkan subjek penelitiannya adalah pembina IPNU IPPNU Larangan, remaja desa Larangan, tokoh masyarakat dan subjek lain yang terkait. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi IPNU IPPNU dalam pendidikan agama Islam remaja di desa Larangan adalah sebagai informator, komunikator, motivator, edukator, inovator dan fasilitator. Peran tersebut dijalankan dengan membentuk lembaga-lembaga, antara lain: lembaga jamiyah yaitu jamiyah IPNU IPPNU diisi dengan pembacaan kitab diba’ dan jamiyah khotmil qur’an. Lembaga pelatihan dan pengembangan yaitu pelatihan tilawah, hadroh dan pencak silat pagar nusa. Lembaga pendidikan yaitu ngaos kitab mabadiul fiqhiyyah dan ziarah kubur. Lembaga peringatan hari besar Islam dan lembaga sosial yaitu berbagi takjil, santunan anak yatim, bantu korban bencana alam dan koin mandiri pelajar NU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Remaja, IPNU IPPNU
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Aulia sdr
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:01
Last Modified: 14 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11288

Actions (login required)

View Item View Item