PENYESUAIAN DIRI SANTRI MAHASISWA DALAM BELAJAR BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO UTARA

KOMARIAH, NIM. 102311042 (2014) PENYESUAIAN DIRI SANTRI MAHASISWA DALAM BELAJAR BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KOMARIAH_PENYESUAIAN DIRI SANTRI MAHASISWA DALAM BELAJAR BTA DAN PPI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO UTARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk menghasilkan lulusan sarjana yang berkualitas, sebagai perguruan tinggi agama, yang nantinya menghasilkan sarjana agama yang identik mampu membaca, menulis al-Qur’an (BTA) dan Praktek Pengamalan Ibadah (PPI), tidak terkecuali dari Prodi Pendidikan, Komunikasi ataupun Perbankan Syari’ah, semuanya mutlak harus menguasainya. Untuk mendapatkan soft skill tersebut, calon sarjana agama STAIN Purwokerto harus mengikuti berbagai pengkodisian mulai dari matrikulasi BTA dan PPI, mengikuti program pesantrenisasi (mondok di pondok pesantren) serta melakukan evaluasi (ujian komptensi BTA dan PPI) yang difasilitasi langsung dari pihak kampus melalui Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP). Ini sesuai dengan surat keputusan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto Nomor 287 Tahun 2011, tentang pedoman matrikulasi kompetensi dasar baca tulis Al-Qur’an (BTA) serta pengetahuan dan pengamalan ibadah (PPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto.yang menjadi tempat penelitian yaitu Pondok Pesantren Al-Amin Pabuarn Purwokerto Utara dimana banyak santri dari berbagaim macam latar belakang ada yang dari SMA, SMK dan MA/MAN, ada juga yang belum pernah mondok dan sudah pernah mondok, otomatis penyesuaian diri mereka dalam belajar BTA dan PPI beragam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penyesuaian diri mahasiswa santri BTA dan PPI dalam belajar BTA dan PPI di Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto Utara angkatan 2013. Subjek penelitian adalah santri mahasiswa yang belum lulus BTA dan PPI angkatan 2013. Metode Pengumpulan data penelitian ini diperoleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh setelah melakukan penelitian, penulis menggunakan analisis data deskriptif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi (analisis data model Miles and Huberman). Hasil dari penelitian ini, santri-santri Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto Utara angkatan 2013 memiliki penyesuaian diri yang positif dalam belajar BTA dan PPI. Dan memiliki bentuk penyesuaian diri yang adaptive. Dimana bentuk penyesuaian diri yang adaptive sering dikenal dengan istilah adaptasi. bentuk penyesuaian ini lebih bersifat badani. Artinya perubahan-perubahan dalam proses badani untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Santri, Belajar BTA dan PPI.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:36
Last Modified: 14 Sep 2016 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item