MODEL PEMBELAJARAN HYBRID PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA

umi, farkhatun (2021) MODEL PEMBELAJARAN HYBRID PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_191763012_Umi Farkhatun_PGMI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat edaran dari pemerintah tentang ketentuan pelaksanaan pendidikan pada masa darurat pandemi yangmengatur adanya pembelajaran jarak jauh. Berbagai kendala pelaksanaanpendidikan jarak jauh membutuhkan model pembelajaran yang sesuai,diantaranya model pembelajaran hybrid. Model pembelajaran hybrid dilaksanakandalam bentuk online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajibagaimana model pembelajaran hybrid di Madrasah Ibtidaiyah Darul HikmahBantarsoka pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif. Respondenyang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru MI Darul Hikmah Bantarsoka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputwawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis induktif data yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil yang menyatakan bahwaselama masa pandemi Covid-19, Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsokamelaksanakan pembelajaran hybrid yang berpedoman pada kurikulum darurat.Pendekatan pembelajaran hybrid yang digunakan adalah student center. Metodedan media pembelajaran yang digunakan cukup beragam dan disesuaikan dengan materi pembelajaran tematik. Masing-masing terdiri dari metode dan media untuk pembelajaran daring dan luring. Siswa juga aktif melakukan berbagai kegiatan untuk menciptakan pengalaman belajar mereka baik di rumah maupun di tempabelajar luring. Pengalaman belajar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik mereka. Selanjutnya kemampuan ataukompetensi siswa diukur dengan evaluasi pembelajaran. Evaluasi tersebut dibagmenjadi tiga jenis yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Hybrid, Pengalaman Belajar, Evaluasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Farkhatun sdri
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:04
Last Modified: 06 Sep 2021 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item