URGENSI PROGRAM PEMBIASAAN ISLAMI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO

Wanda Eka, Al Sari (2021) URGENSI PROGRAM PEMBIASAAN ISLAMI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WANDA EKA AL SARI_URGENSI PROGRAM PEMBIASAAN ISLAMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program pembiasaan Islami merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter peserta didik. SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto merupakan sekolah yang menerapkan program pembiasaan Islami dengan tujuan membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah. Kegiatan dilaksanakan secara terus menerus dengan konsisten sehingga siswa menjadi terbiasa melakukan kegiatan pembiasaan Islami baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program pembiasaan Islami dan urgensi dalam pembentukan karakter siswa di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk memperoleh data-data dan informasi yang tepat dari penelitian, maka peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembiasaan Islami di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto dimulai dengan membuat pemetaan yang meliputi aspek kekuatan, aspek kelemahan, aspek peluang, dan aspek tantangan. Adapun jenis program pembiasaan Islami yang dilaksanakan meliputi senyum sapa salam, sholat dhuha berjamaah, membaca ikrar, membaca Al-Qur’an, muroja’ah (hafalan suratan), dan sholat dhuhur berjamaah. Dalam pelaksanaannya ada beberapa pihak yang terlibat yaitu kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan peserta didik. Pelaksanaan evaluasi sudahdilakukan dengan mengikuti agenda rapat bulanan tetapi tidak setiap bulan ada pembahasan tentang program pembiasaan Islami. Sedangkan kontribusinya dengan adanya pengenalan kegiatan pembiasaan Islami kemudian siswa dilatih untuk melakukan kegiatan pembiasaan Islami dan diberi kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pembiasaan Islami sehingga siswa menjadi terbiasa melakukan kegiatan Islami baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wanda Eka Al Sari
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:53
Last Modified: 18 Oct 2021 22:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item