STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS MASJID DALAM PELAKSANAAN IBADAH RAMADHAN DITENGAH-TENGAH PANDEMI VIRUS COVID-19 (STUDI KASUS DI MASJID NURUL HIDAYAH MUKTISARI)

Aditya, Prayoga (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS MASJID DALAM PELAKSANAAN IBADAH RAMADHAN DITENGAH-TENGAH PANDEMI VIRUS COVID-19 (STUDI KASUS DI MASJID NURUL HIDAYAH MUKTISARI). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ADITYA PRAYOGA_STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS MASJID DALAM PELAKSANAAN IBADAH RAMADHAN DITENGAH-TENGAH PANDEMI VIRUS COVID-19 (STUDI KASUS DI MASJID NURUL HIDAYAH MUKTISARI).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masjid Nurul Hidayah Muktisari merupakan salah satu masjid tingkat Rukun Warga yang berada di Kota Banjar, Jawa Barat. Dalam berkomunikasi dengan jama’ah, pengurus masjid Nurul Hidayah Muktisari memililki strategi komunikasi yang tepat dalam melaksanakan ibadah Ramadhan ditengah pandemi covid-19 pada jama’ah yang masih awam dan acuh terhadap covid-19 ini. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Pengurus Masjid Nurul Hidayah Muktisari dalam melaksanakan kegiatan ibadah Ramadhan ditengah pandemi Covid-19. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan teori strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Harold D. Lasswell untuk menerangkan kegiatan komunikasi dengan menjawab pertanyaan who (siapa komunikatornya?), says what (pesan apa yang dinyatakannya?), which channel (media apa yang digunakannya?), to whom (siapa komunikannya?), with what effect (efek apa yang diharapkannya?). Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menganalisis data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan pengurus Masjid Nurul Hidayah Muktisari menggunakan (To secure understanding), yaitu mampu memahami pesan yang akan disampaikan supaya dapat diterima dengan mudah, (To establish acceptance) menetapkan penerima, kemudian memotivasi (To motivate action) untuk melakukan aksi dalam pelaksanaan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Merancang strategi komunikasi yang tepat berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung sehingga pengurus Masjid Nurul Hidayah Muktisari dapat menciptakan suasana dalam beribadah di bulan suci Ramadhan ditengah pandemi covid-19 ini dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tenang bagi para jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pengurus Masjid, Covid-19
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdr Aditya Prayoga
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:46
Last Modified: 06 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item