IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM KELAS AKSELERASI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ISTI QOMARIA SARI, NIM . 102333002 (2014) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM KELAS AKSELERASI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ISTI QOMARIA SARI_IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM KELAS AKSELERASI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Manajemen program kelas akselerasi pada MI Istiqomah Sambas Purbalingga adalah melaksanakan kegiatan pengelolaan penyelenggaraan program berdasarkan pola fikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen: planning, organizing, actuating dan controling. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa MI Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan MI yang meyelenggarakan program kelas akselerasi yang telah menghasilkan sebelas angkatan. Dalam mewujudkannya diperlukan pengelolaan (manajemen) program yang efektif dan efisien dari tahun ke tahun berikutnya agar tujuan program kelas akselerasi dapat terwujud dengan maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen program kelas akselerasi pada MI Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, tim pengelola program, dan wali murid peserta didik akselerasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa kegiatan manajemen program kelas akselerasi MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah terimplementasi dengan optimal karena sudah memenuhi fungsi manajerial. Tahap yang dilakukan mulai dari perencanaan program kelas akselerasi telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah persiapan yang ada dalam pedoman penyelenggaraan program percepatan belajar. Pengorganisasian program kelas akselerasi sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci berdasarkan bagian dan bidang masing-masing tim pengelola. Pelaksanaan program kelas akselerasi ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai dengan pedoman penyelenggaraan program percepatan belajar yaitu perangkat pembelajaran dan kurikulum yang digunakan tidak berbeda dengan kelas reguler, pengalokasian materi esensial masih dilakukan secara manual. Selain itu terkait dengan pembiayaan juga tidak berbeda dengan kelas reguler. Pengawasan program kelas akselerasi telah dilaksanakan dengan baik karena pengawasan dilakukan secara rutin dan periodik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Program Kelas Akselerasi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:12
Last Modified: 14 Sep 2016 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item