MOTIVASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK KULIAH DI PROGRAM STUDI BKI IAIN PURWOKERTO PADA MAHASISWA BARU YANG BERASAL DARI BREBES SELATAN

Indah, Triningsih (2021) MOTIVASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK KULIAH DI PROGRAM STUDI BKI IAIN PURWOKERTO PADA MAHASISWA BARU YANG BERASAL DARI BREBES SELATAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INDAH TRININGSIH_MOTIVASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN.pdf

Download (940kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan keputusan mahasiswa untuk memilih kuliah diprogram studi Bimbingan dan Konseling Islam UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada Mahasiswa baru di Brebes Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek 5 mahasiswa yang berasal dari Brebes Selatan yang mengambil prodi Bimbingan dan Konseling Islam di UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Mahasiswa yang berasal dari Brebes Selatan memiliki motivasi memilih program studi Bimbingan dan Konseling Islam karena dua faktor, yaitu; 1)Faktor intrinsik, dimana mahasiswa memilih program studi Bimbingan dan Konseling Islam karena adanya pemiatan dalam dirinya sendiri 2) Faktor ekstrinsik, mahasiswa memilih program studi Bimbingan dan Konseling Islam karena adanya dukungan dari keluarga, faktor mekanisme penerimaan mahasiswa, nama jurusan, dan legalitas dan akreditasi Program studi Bimbingan dan Konseling Islam yang memiliki akreditasi A. Selain dari faktor yang telah disebutkan di atas mahasiswa yang berasal dari Brebes Selatan memutuskan untuk menekuni kuliah di program studi Bimbingan dan Konseling islam karena terdapat beberapa faktor pertimbangan yaitu; adanya kemauan dan semangat diri untuk berpendidikan tinggi, adanya pemiatan terhadap program Bimbingan dan Konseling Islam, adanya status dan peran yang di emban oleh mahasiswa, adanya dukungan dari orang tua, dan adanya peluang lolos pada program studi yang di pilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, pengembangan diri
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indah Triningsih sdri
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:52
Last Modified: 08 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item