EKSISTENSI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Ikhbal, Abdul Mughni (2021) EKSISTENSI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA AN-NURIYYAH BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_ Daftar Pustaka.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ikhbal Abdul Mughni_Eksistensi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA An Nuriyah Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan ataupun usaha yang di berikan konselor kepada siswa dalam upaya membantu memandirikan siswa menyelesaikan masalah dan menumbuh kembangkan potensi yang di milikinya. Dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di ranah pendidikan sudah barang tentu memiliki hambatan yang dapat mengurangi efektifitas layanan, seperti citra buruk guru bimbingan konseling. Walaupun begitu eksistensi layanan bimbingan dan konseling tetap harus ditunjukan keberadaannya sebagai bagian dari integritas pendidikan. Eksistensi di artikan sebagai keberadaan. Dimana keberadaan yang di maksud adalah adanya pengaruh atas ada atau tidak adanya layanan Bimbingan konseling yang ada di sekolah, Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui eksistensi layanan bimbingan dan konseling di SMA An-nuriyyah Bumiayu. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan teknik pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi.dengan Kepala sekolah, Guru dan siswa di SMA An-nuriyyah Bumiayu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eksistensi layanan Bimbingan Konseling di SMA Annuriyyah bumiayu memang benar-benar menunjukan keberadaanya melalui pelaksanaan berbagai program yang tidak terlepas dari kebijakan sekolah yang diterapkan seperti melaksanakan: 1) Layanan Orientasi, 2) Layanan Informasi , 3) Layanan Konseling individu dan kelompok, 4) Layanan Bimbingan Kelompok, seperti program: Pembinaan Kelas BK dan Mabit (Malam Bimbingan Iman dan Takwa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ikhbal Abdul Mughni sdr
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:37
Last Modified: 08 Sep 2021 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item