KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN MASJID FATIMATUZZAHRA PURWOKERTO

Dwi Rezki Sefiani, NIM. 1123101007 (2016) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN MASJID FATIMATUZZAHRA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
DWI REZKI SEFIANI_KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAKDI TAMAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap anak yang lahir ke dunia sebenarnya berpotensi menjadi cerdas, hal ini demikian karena secara fitri, manusia dibekali kecerdasan oleh Allah swt. dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai hamba (‘abid) dan wakil Allah (Khalifatullah) di bumi. Bahkan menurut berbagai riwayat yang patut dipercaya dinyatakan bahwa sebelum Allah swt. menciptakan segala sesuatu, terlebih dahulu menciptakan kecerdasan (intelegensi atau intelek). Goleman menyebutkan beberapa unsur pembentukan kecerdasan emosional, seperti “keyakinan, rasa ingin tahu, niat, kendali diri, keterkaitan, kecakapan komunikasi, dan koperatif.” Unsur keyakinan inilah kemudian yang diajarkan oleh agama dalam menyikapi segala hal, termasuk bagaimana menyikapi dan meluapkan emosi. Agama (khususnya Islam) telah mengajarkan etika kepada manusia tentang bagaimana meregulasi emosi dengan baik, sehingga sudah seharusnya kita sebagai manusia yang beragama mampu mengendalikan emosi dan menempatkannya pada persoalan yang baik pula. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahadakah korelasi antaran kecerdasan emosional dengan perilaku religiusitas anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Fatimatuzzahra Dalam penelitian ini penulis menggunakanpendekatan kuantitatif, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Metode yang digunakanadalahobservasi, angketataukuisioner, danwawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku religiusitas di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto, yaitu 1)Hasil perhitungan yang diperoleh rxy sebesar 0,362 atau (rxy = 0,362). 2) Hasil yang telah ditemukan yakni (rxy = 0,362) kemudian dikonsultasikan dengan nilai r tabel (rt) yang terdapat dalam tabel product moment. Hal tersebut dapat diketahui dengan menggunakan uji taraf signifikan yakni 5% dan 1%. 3) Dari uji signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih kecil dari pada nilai r tabel atau (0,362 < 0,444). 4) Dari uji signifikan 1% ternyata rxy lebih kecil dari nilai r tabel atau (0,362 < 0,561). 5) Hipotesis penelitian yang penulis ajukan (Ha)ditolak maka Ho yang berbunyi “ Tidak terdapat korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku religiusitas anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto ” diterima kebenarannya, dan 6) Nilai rxy sebesar 0,362 berada diantara nilai 0,200-0,400 pada tabel. Dari hasil tersebut berarti antara variabel X (Kecerdasan Emosi) dan variabel Y (Religiusitas) memang terdapat korelasi, akan tetapi korelasi itu lemah atau rendah sehingga korelasi itu diabaikan atau dianggap tidak ada korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku religiusitas anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional dan Perilaku Religiusitas
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:16
Last Modified: 13 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item