PENINGKATAN MUTU KEGIATAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

Syawal, Hidayatuloh (2020) PENINGKATAN MUTU KEGIATAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Abstrak_Daftar isi_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SYAWAL HIDAYATULOH_PENINGKATAN MUTU KEGIATAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muhadatsah adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pihak ma'had secara sistematis, terencana dan terarah pada perubahan dalam tata cara belajar bahasa Arab sesuai dengan prosedur. Mengingat pentingnya kegiatan ini dalam pembelajaran dan perkembangan peserta didik dalam penguasaan bahasa Arab, maka kemudian dilakukan penelitian di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan muhadatsah di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan mutu kegiatan muhadatsah meliputi, pertama secara umum guru dalam hal ini dewan asatid telah merencanakan kegiatan muhadatsah meskipun belum secara optimal meliputi: pelaksanaan kegiatan muhadatsah, penyusunan materi atau isi dalam pelaksanaan muhadatsah, menentukan mufrodat bahasa yang harus digunakan, mengembangkan pelaksanaan dalam kegiatan, dan mengelola waktu pelaksanaan secara efektif dan efisien, kedua dalam mengimplementasikan kegiatan muhadatsah, dewan asatid atau penyelenggara kegiatan telah menyesuaikan antara perencanaan dengan pelaksanaan , ketiga dalam proses evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan, dewan asatid melakukan dua hal yakni memberikan feedback (umpan balik) untuk memperbaiki jalannya kegiatan pembelajaran dan melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran , keempat terdapat kendala yang dihadapi dewan asatid yaitu keterbatasan waktu untuk memberikan feedback dan keterbatasan kemampuan asatid dalam mengontrol pelaksanaan kegiatan muhadatsah. Hasil penelitian yang penulis lakukan terkait dengan peningkatan mutu kegiatan muhadatsah adalah sebagai berikut : Pertama, kegiatan muhadatsah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas berorientasi pada hasil dan proses, artinya kegiatan diselenggarakan mengarah pada penguasaan santri dalam berbahasa Arab serta peningkatan mutu dalam penyelenggaraan kegiatan, yang kedua adanya stimulus dan kemauan yang kuat dari segenap dewan asatid dan pengurus Pondok Pesantren bahwa kegiatan intrakurikuler yang merupakan program unggulan harus di tingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, yang terakhir program muhadatsah yang merupakan wadah dalam belajar bahasa Arab menjadi sarana santri dalam belajar berbahasa Arab di luar pendidikan formal di sekolah. Kata Kunci : Peningkatan Mutu Kegiatan, Muhadatsah, Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Mutu, Kegiatan, Muhadatsah, Di Pondok, Pesantren, Pendidikan, Islam, Miftahussalam, Banyumas.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syawal Hidayatuloh sdr
Date Deposited: 25 Aug 2021 23:18
Last Modified: 25 Aug 2021 23:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item