PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Sugeng, Fitrianto (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMPLB PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sugeng Fitrianto_Problematika Pembelajaran PAI Pada Siswa Tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama Islam diiringi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubunganya dengan kerukunan antar umat beragama, hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Dalam perspektif keagamaan, belajar merupakan kewajiban bagi setiap orang beriman agar memperoleh ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan derajat kehidupan mereka begitu pula pada siswa tunagrahita berhak mendapatkan kesempatan belajar meski dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita Di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga? (2) Apa saja problematika pembelajaran PAI yang di hadapi pada anak tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga, problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga, serta solusi dari problem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Purba Adhi Suta Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran PAI di SMPLB Purba Adhi Suta terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran dilakukan secara individual dengan berpedoman pada PPI (Program Pembelajaran Individual) yang disusun oleh Guru PAI untuk masing-masing siswa sesuai kondisi tingkat ketuna grahitannya serta kemampuan yang dimiliki. Pembelajaran PAI dilaksanakan dengan berbagai media dan sarana diantaranya sarana Guru Damping untuk membantu pengkondisian siswa saat pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Problematika pembelajaran PAI yang terdapat di SMPLB Purba Adhi Suta dapat dilihat dari berbagai sudut meliputi problem dari kurikulum, problem dari Guru, problem dari siswa, problem pembelajaran dan problem dari sarana prasarana. Solusi dari problematika pembelajaran PAI di SMPLB Purba Adhi Suta meliputi solusi problem dari kurikulum, solusi problem dari Guru, solusi problem dari siswa, solusi problem pembelajaran dan solusi problem dari sarana prasarana. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Fitrianto sdri
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:42
Last Modified: 09 Sep 2021 08:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item View Item