PERAN HIMPAUDI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DI PURWOKERTO UTARA

Selvia, Feronika (2021) PERAN HIMPAUDI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DI PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SELVIA FERONIKA-dikonversi (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran HIMPAUDI dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAUD di Purwokerto Utara. Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua HIMPAUDI, ketua LITBANG HIMPAUDI dan dua anggota HIMPAUDI Purwokerto Utara. Data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi, kemudian disajikan bersifat deduktif . selanjutnya, analisis dengan model intraktif. Berdasarkan hasil penelitian, kompetensi professional guru-guru PAUD di Purwokerto Utara memiliki 5 indikator yang sudah terpenuhi, 1) Peran HIMPAUDI dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu ditunjukkan dengan mengadakan workshop KTSP, 2) Peran HIMPAUDI dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu ditunjukan dengan membuat kegiatan workshop KTSP yang mengajarkan guru PAUD membuat kurikulum sendiri, 3) Peran HIMPAUDI dalam mengembagkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif ditunjukkan dengan melaksanakan kegiatan workshop KTSP dan guru di tuntut mampu membuat kurikulum sendiri dengan kreatif sesuai perkembangan anak, 4) Peran HIMPAUDI dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif ditunjukkan dengan melakukan kegiatan diklat pengelola, 5) Peran HIMPAUDI dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri ditunjukkan dengan dengan melaksanakan pelatihan pembuatan video pembelajaran 2 diemensi melalui aplikasi kinemaster.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyword: HIMPAUDI, Kompetensi professional, Guru PAUD
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Selvia Feronika sdri
Date Deposited: 28 Aug 2021 02:52
Last Modified: 28 Aug 2021 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item View Item