PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP TELKOM PURWOKERTO

abdaulunsha, amanah (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP TELKOM PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ABDAUL UNSHA AMANAH_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP TELKOM PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 muncul dan dengan cepat jangkauannya hampir ke seluruh negara. Dampaknya telah merubah tatanan pada semua sektor kehidupan. Terutama dalam dunia pendidikan pemerintah dengan terpaksa menutup sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran daring. Khususnya pada mata pelajaran matematika yang termasuk mata pelajaran sulit menurut siswa, mengalami kendala dan mengharuskan guru lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini memfokuskan pada Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Telkom Purwokerto. Adapun permasalahan yang dikaji adalah tentang pelaksanan pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di SMP Telkom Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Telkom Purwokerto. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diantaranya pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP Telkom Purwokerto sepenuhnya daring menggunakan Google Classroom, Zoom, Youtube, Google form dan Whatsapp serta saat PTS (Penilaian Tengah Semester) dan PAS (Penilaian Akhir Semester) menggunakan Learning Management System (LMS). Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini guru lebih sering menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tuanya. Pelaksanaan pembelajaran ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat yaitu guru menggunakan media berupa video, penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring berupa pemberian waktu untuk diskusi dan tanya jawab kepada peserta didik sebagai suatu cara untuk melakukan pendekatan sehigga peserta didik dapat berinteraki dengan baik. selain itu metode yang digunakan guru yaitu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, Kata Kunci : Pembelajaran matematika, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, Pandemi Covid-19.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Abdaul Unsha Amanah sdr
Date Deposited: 23 Aug 2021 10:36
Last Modified: 23 Aug 2021 10:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item