PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI AL FALAH KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AULIA ULIZATI, NIM. 1223305018 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI AL FALAH KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AULIA ULIZATI_Penerapan Strategi Pembelajran Aktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pemebelajaran IPA disekolah yang sampai saat ini cenderung berpusat kepada guru. Dimana guru sangat aktif menyampaikan materi pelajaran sedangkan para siswa pasif memperhatikan materi yang disampaikan guru. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat proses belajar mengajar membosankan, tidak menarik, tidak menyenangkan bahkan membuat siswa malas untuk mengikuti pelajaran. Belajar IPA akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang mereka pelajari bukan mengetahuinya. Oleh karena itu guru harus berjuang dengan segala cara mencoba membuat proses pembelajaran menjadi menarik bagi siswa.Bentuk usaha guru menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Al – Falah Karangtengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap : analisis data sebelum dilapangan dan analisis data yang mengacu pada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan macam – macam strategi pembelajaran aktif yang diterapkan pada mata pelajaran IPA : Demonstrasi, Talking Stick, Index Card Match, Reading Guide, Card Short. Adapun langkah – langkah yang diterapkan sudah sesuia dengan teori dan penerapan strategi pembelajaran aktif tersebut juga disesuaikan dengan karakter materi dan siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi pembelajaran aktif dan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 13 Sep 2016 03:23
Last Modified: 13 Sep 2016 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item