PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA MASA PANDEMI DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

FITRI, AMALIAH (2021) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA MASA PANDEMI DI MI MA’ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FITRI AMALIAH_PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA MASA PANDEMI DI MI MA'ARIF NU JIPANG KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang tidak dibarengi dengan pondasi yang kuat tentang pemahaman norma etika dan adab, sedikit demi sedikit menggerus dan mengikis karakter anak bangsa. Pendidikan karakter religius merupakan usaha aktif untuk membentuk suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Pentingnya penanaman karakter religius sejak dini merupakan salah satu bentuk pondasi bagi peserta didik untuk menanamkan watak, karakter, dan perilaku yang baik sesuai dengan norma dan agama. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter religius pada peserta didik melalui metode pembiasaan pada masa pandemi di MI Ma’arif NU Jipang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, peserta didik, dan orang tua wali peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penanaman karakter religius pada peserta didik melalui metode pembiasaan pada masa pandemi di MI Ma’arif NU Jipang adalah penanaman karakter religius dilakukan melalui berbagai bentuk kegiatan pembiasaan yang diterapkan di MI Ma’arif NU Jipang di antaranya, berdoa sebelum dan sesudah belajar, menghafal Juz Amma, shalat Dhuha berjamaah, shalat Dzuhur berjamaah, mengucapkan salam sesama teman guru dan pegawai, saling menghormati antar sesama teman, berpakaian rapi dan sesuai jadwal, berbahasa yang baik dan santun. Semua kegiatan pembiasaan tersebut mengandung nilai-nilai karakter religius yaitu Nilai Ibadah, Nilai Ruhul Jihad, Nilai Akhlak dan Kedisiplinan, Nilai Keteladanan, Nilai Amanah dan Ikhlas. Faktor penghambat penanaman karakter religius melalui metode pembiasaan pada masa pandemi di MI Ma’arif NU Jipang yaitu kurangnya kedisiplinan peserta didik, keterbatasannya fasilitas, dan kurangnya perhatian orang tua. Kata Kunci : Pendidikan, Karakter Religius, Pembiasaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Religius, Pembiasaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Fitri Amaliah
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:04
Last Modified: 23 Aug 2021 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item