IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VI MI MA'ARIF NU JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

LUTFIANA, DWI ANGGRAENI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VI MI MA'ARIF NU JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lutfiana Dwi Anggraeni_Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VI MI Ma'arif NU Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat, siapa pun yang memegang tongkat harus menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pelajaran. Tongkat dimainkan dengan iringan musik atau dengan melihat kondisi suasana kelas dan kondisi siswa. Dalam model ini, siswa harus bekerja dalam tim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI Ma’arif NU Jatisaba. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa: implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI Ma’arif NU Jatisaba telah diterapkan dengan 3 tahap yaitu pertama tahap perencanaan dengan menyiapkan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, guru mempelajari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, menyusun tujuan pembelajaran, menyiapkan media yang digunakan, perencanaan model pembelajaran, sumber pembelajaran dan menyusun evaluasi. Tahap kedua yaitu, tahap pelaksanaan yang menjadi kegiatan inti dalam implementasi model pembelajaran Talking Stick pada tahap pelaksanaan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu: 1) Kegiatan awal, 2) Kegiatan inti, 3) Kegiatan penutup. Tahap ketiga yaitu evaluasi dimana guru menggunakan tes tertulis dan tes lisan dengan instrumen beberapa soal isian. Implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VI di MI Ma’arif NU Jatisaba sudah cukup sesuai dengan langkah-langkah pembelajarannya meski masih ada hambatan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Talking Stick, Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LUTFIANA DWI ANGGRAENI sdri
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:02
Last Modified: 23 Aug 2021 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item