IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKURI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI DATAR KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Cherli, Arikah Maemunah (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKURI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI DATAR KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cherli Arikah Maemunah_Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas IV di SD Negeri Datar adalah kelas yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran tematik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajaran inquiry. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran tematik kelas IV. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan verifiasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan stratregi inquiry sudah sesuai dengan teori yang peneliti paparkan di BAB II terkait pembelajaran dengan mengimplikasikan strategi pembelajaran inquiry di SD Negeri Datar meliputi kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai pada penyusunan RPP. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran guru kelas IV ini dengan menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry yakni, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan dihadapkan pada suatu persoalan yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis atau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan pada setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara mmemberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan arahan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukkan bahwa SD Negeri Datar telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran inquiry untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam KBM. Keterbatasan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah kurangnya buku referensi lain untuk mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran inquiry, Tematik.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cherli Arikah Maemunah sdr
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:24
Last Modified: 23 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item